Keberlanjutan

Keberlanjutan

Keberlanjutan

Mendorong Roda Ekonomi

PGN berkembang seiring pembangunan dan perputaran roda ekonomi nasional. Bisnis perusahaan ditujukan untuk menciptakan nilai baik untuk internal karyawan, pemangku kepentingan, hingga bangsa dan masyarakat secara luas.

Bagi internal, PGN menciptakan nilai ekonomi dengan pembayaran kompensasi yang baik dan layak kepada karyawan. Bagi masyarakat umum, bisnis PGN mampu meningkatkan kualitas kehidupan dari penggunaan gas yang lebih hemat dan efisien dibandingkan bahan bakar minyak. Nilai ekonomi juga didapat dari berbagai program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat. Sementara bagi negara, PGN telah membayarkan dividen secara rutin dengan rasio 50%-60% dari laba bersih.

Download

Kerjasama Bisnis

PGN menjalin kerjasama bisnis dengan para pemasok barang atau jasa dalam menjalankan operasionalnya. Perusahaan menerapkan prinsip dasar pengadaan yang efektif, efisien, terbuka, transparan, adil, kompetitif dan akuntabel dengan berbasis teknologi informasi (e-procurement).

PGN menetapkan kualifikasi profesional bagi para mitra bisnisnya berdasarkan standar mutu dan spesifikasi, standar pelayanan, dan standar waktu penyediaan barang dan/atau jasa, yang dilandasi etika bisnis yang bersih, transparan, dan saling menguntungkan. Perusahaan melakukan evaluasi berkala untuk menjaga kualitas kontrak kerjasama bisnis sekaligus memastikan barang/jasa diperoleh sesuai mutu dan spesifikasi dengan harga kompetitif dan tepat waktu.

Download

Transformasi Lingkungan

PGN bersama masyarakat global turut berperan aktif memerangi perubahan iklim dan mengajak seluruh komponen masyarakat menjaga keberlanjutan bumi beserta isinya untuk kehidupan generasi mendatang. Kami berkomitmen meminimalisasi dampak-dampak lingkungan, termasuk emisi karbon dari operasional Perusahaan demi kelestarian alam dan keberlanjutan bumi.

Pengelolaan bisnis PGN mengacu pada Road Transformasi Lingkungan 2013-2017 sebagai bagian dari budaya kerja di lingkungan Perusahaan. Selain audit rutin setiap tiga tahun, upaya membudayakan operasional berwawasan lingkungan juga dilakukan melalui berbagai pelatihan tentang lingkungan.

Transformasi Lingkungan

PGN menyadari bahwa kegiatan operasionalnya, sama seperti di perusahaan lain, mempengaruhi kondisi lingkungan, yang terus mengalami perubahan drastis akibat dampak- dampak yang dihasilkan oleh aktivitas manusia, terutama industri.
PGN melakukan berbagai upaya dalam rangka menjalankan bisnis berwawasan lingkungan seperti di jelaskan di bawah ini:

Mitigasi Emisi Gas Rumah Kaca

Pelaksanaan operasional yang lebih efisien dan membatasi emisi gas rumah kaca merupakan salah satu upaya langsung PGN dalam membantu menghambat perubahan iklim global. Perusahaan melaksanaan upaya terstruktur untuk mengurangi emisi karbon.

PGN melaksanakan Program Pengelolaan Lingkungan dan Pemantauan Lingkungan sebagai wujud komitmen terhadap pelestarian lingkungan. Kegiatan operasional PGN tidak menghasilkan emisi pencemaran udara maupun limbah cair dan padat secara langsung yang membahayakan lingkungan. Parameter kualitas lingkungan di seluruh area operasional utama PGN selalu berada dibawah ketentuan baku mutu lingkungan.

Saat ini PGN belum memiliki unit pengelolaan limbah, sehingga seluruh limbah B3 yang dihasilkan langsung diangkut pihak ketiga, yaitu PT Prasada Pamunah Limbah Industri, untuk diproses lebih lanjut di luar wilayah operasional PGN.

PGN menanam 11.985 batang pohon di sekitar proyek pembangunan jalur pipa transmisi utama di tahun 2015. Jenis pohon yang ditanam antara lain sengon laut, buah- buahan, pucuk merah, bakau dan tanaman jenis spesial lokal dengan keberadaan pohon-pohon ini. Konsentrasi karbondioksida di atmosfer dapat berkurang karena pohon-pohon ini menyerap gas tersebut dalam proses fotosintesis.

PGN memanfaatkan area terbuka di sekitar Kantor Pusat sebagai resapan dengan cara membuat lubang-lubang biopori sebagai media peresapan air hujan atau air limpasan ke dalam tanah. Akibatnya, kondisi muka air tanah relatif terjaga sehingga tidak ada keluhan dari masyarakat sekitar maupun instansi terkait mengenai penurunan muka air tanah. Perusahaan juga menerapkan sistem kontrol loop tertutup dan daur ulang air.

PGN selalu menggunakan pipa dari baja atau plastic polyethylene yang dilapisi coating dan pelindung lain yang membuat pipa anti karat, tahan lama dan dapat dipendam di dalam tanah untuk periode waktu yang lama (sekitar 30 tahun). Bahan lain penyerap impurities atau filter yang ditempatkan dalam pipa yang berfungsi membersihkan kotoran. PGN juga menerapkan kebijakan hemat kertas, penggunaan kertas bekas dan sistem administrasi berbasis teknologi.

PGN terus mendukung rencana Pemerintah dalam melakukan konversi penggunaan bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas. Partisipasi aktif PGN dalam program konversi tersebut adalah melalui MRU (mobile refueling unit) atau stasiun yang bergerak untuk pengisian bahan bakar gas untuk kendaraan bermotor.

Tanggung Jawab Sosial

PGN terus berupaya dan konsisten menjalankan Program Pegembangan Masyarakat. Tujuan dari seluruh program ini secara umum adalah meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Berbagai program tersebut diwujudkan dalam berbagai aksi nyata di bawah ini:

Penghargaan

Komitmen dan konsistensi PGN dalam menciptakan nilai baik secara ekonomi, lingkungan, maupun masyarakat mendapatkan apresiasi positif dari berbagai pihak. Di bawah ini adalah beberapa penghargaan yang diraih perusahaan sepanjang 2016.

BUMN INTERNAL MEDIA AWWARDS 2014

Annual Report Awward 2015

FORBES THE GLOBAL 2000

BUMN INTERNAL MEDIA AWWARDS 2014Penghargaan Emas

​"KAMI PERUSAHAAN GAS NEGARA"